28 Februari 2012

Menjadi Mahasiswa Sejarah













Pada dasarnya, mempelajari sejarah adalah sesuatu yang berharga dalam kehidupan. Dengan mempelajari sejarah, setidaknya wawasan kita menjadi semakin luas dan dapat mengenal dunia ini dari sudut pandang dan kacamata yang berbeda. Sejarah adalah kisah-kisah dari masa lalu yang disampaikan di masa kini agar manusia lebih siap menghadapi masa depan yang diinginkan. Sejarah juga dapat menjadi pijakan dan penentu setiap keputusan yang akan kita hadapi ke depannya pula.

Menjadi mahasiswa sejarah merupakan suatu anugrah tersendiri karena kita diajarkan cara-cara untuk berperan langsung dalam merekonstruksi sejarah dan menghadirkannya di masa kini. Sebagai pemula dalam hal ihwal penulisan sejarah, para mahasiswa juga dituntut untuk meningkatkan kemampuan akademisnya dengan cara mempelajari sejarah-sejarah terkait, misal sejarah bangsanya sendiri atau sejarah dunia secara umum. 

Menariknya adalah, asupan fakta yang diterima oleh mahasiswa sejarah akan membuka cakrawala pikir kita terhadap kondisi lingkungan sekitar. Secara perlahan, kita terbawa dalam sebuah fenomena keingintahuan lebih terhadap berbagai macam peristiwa di masa lalu. Dari sanalah, pertanyaan-pertanyaan kritis mulai terumuskan. Dan hebatnya lagi, mereka kemudian menggali sesuatu yang semakin hari semakin terlupakan oleh manusia modern ini, yakni sejarah. Kepekaan inilah yang mungkin jarang ditemui di antara mahasiswa-mahasiswa lainnya.  Jadi, berbanggalah!



Rahadian Rundjan,
Ilmu Sejarah UI 2009
@RahadianRundjan


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates