07 Maret 2012

Kunjungan Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Medan





Pada tanggal 7 Maret 2012, Program Studi Ilmu Sejarah UI mendapat kunjungan dari rombongan dosen dan mahasiswa sejarah Universitas Negeri Medan (Unimed). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa pendidikan sejarah Unimed yang akan berlangsung selama sepekan ke depan. 

Rombongan dosen dan mahasiswa yang memakai almamater hijau tersebut sampai ke kampus UI sekitar pukul 09.00 WIB dan langsung mendapat sambutan dari Ketua Prodi Sejarah, Mas Maman, yang kemudian menyempatkan diri untuk memandu berkeliling UI menggunakan bis rombongan. Sekitar pukul 10.00 WIB rombongan sampai di FIB dan kemudian berkumpul dengan anak-anak SKS di ruang perpustakaan lama FIB UI. 


Acara kemudian berlanjut dengan ramah tamah. Mas Maman selaku Kaprodi kemudian menjelaskan sistem akademik dan info-info mengenai Program Studi Ilmu Sejarah di UI. Dalam kesempatan tersebut SKS juga diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri serta menjelaskan struktur organisasinya. Acara kemudian berlanjut dengan pertukaran cinderamata sebagai simbol jalinan hubungan baik antara kedua program studi. Di sela-sela acara anak-anak SKS bercengkrama dengan para mahasiswa Unimed dan saling bertukar informasi mengenai banyak hal., terutama mengenai bidang akademis dan organisatoris. 

Penulis sempat berbicara dengan Dika Nugraha, Ketua himpunan mahasiswa pendidikan sejarah Unimed mengenai kegiatan mahasiswa sejarah di kampus masing-masing. Ia menuturkan bahwa program PKL dari Unimed ini diadakan satu tahun sekali dan dalam kesempatan kali ini mahasiswa sejarah yang berkunjung berasal dari angkatan 2009 dan 2010. Selain itu, ia juga berkata bahwa seperti SKS, himpunan mahasiswa sejarah Unimed ini baru saja berganti kepengurusan. Tidak lupa ia menginformasikan bahwa Unimed akan mengirim delegasi ke Munas Ikahimsi yang diadakan pada akhir bulan April mendatang. 




Acara kemudian berlanjut dengan berjalan-jalan ke tempat sekitar FIB, seperti klaster, jembatan teksas, dan taman arkeologi. Namun karena waktu yang tidak cukup, ajakan untuk naik sepeda kuning bersama dibatalkan. Setelah puas berjalan-jalan dan mengobrol, rombongan pun kembali ke ruang perpustakaan untuk makan siang dan bersiap-siap untuk pulang. Sebelum itu acara berlanjut dengan foto bersama antara rombongan dengan dosen dan anak-anak SKS.


Kunjungan mahasiswa dari universitas lain ini merupakan pertama kalinya pada tahun 2012. Dari acara kunjungan ini banyak pelajaran dan informasi-informasi yang SKS dapatkan, terutama mengenai koneksi antar organisasi mahasiswa sejarah agar bisa saling membantu sesamanya di masa depan.





Rahadian Rundjan
Ilmu Sejarah 2009
@RahadianRundjan

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates