03 Juli 2011

Samurai : Sejarah dan Perkembangan




Judul Buku : Samurai; Sejarah dan Perkembangan
Penulis : H. Paul Varley, Ivan & Nobuko Morris

Penerbit : Komunitas Bambu (2008)


“namun, secara luas, tradisi atau jalan Samurai dapat dikatakan sebagai cara untuk menunjukkan jiwa ksatria orang-orang Jepang.”



Samurai adalah satu bagian yang tidak bisa dilupakan dari kebudayaan Jepang itu sendiri, bahkan sampai abad modern ini. Meskipun kaum Samurai sudah tak ada, tetapi semangat pekerja keras ala Samurai masih tetap mengakar di dalam hati orang-orang Jepang. Mungkin hal itulah yang ada dalam pikiran Paul Varney dan kawan-kawan ketika mencoba menelusur lorong waktu untuk melacak lintasan sejarah kaum Samurai yang menjadi inspirasi orang Jepang di abad modern.


Buku ini berisi mengenai sejarah Samurai, yang bisa ditarik bahkan pada abad-abad sebelum masehi. Dengan gaya penulisannya, kita diajak untuk mengenal bagaimana peran Samurai dalam membentuk sebuah kekuatan dan kekuasaan dalam arus sejarah politik Jepang. Tidak hanya itu, penulis juga dengan asyiknya bisa menyelipkan cerita-cerita unik yang berkaitan dengan kehidupan seorang Samurai, seperti trik dan intrik, hukum bushido, sampai seppuku atau hara-kiri yang sangat terkenal itu.



Di buku ini kita juga akan menemukan kisah tokoh-tokoh Samurai terkenal yang menjadi panutan masyarakat Jepang sekarang, seperti Yoshitsune, Benkei, Magashige, Takauji Ashikaga, Oda Nobunaga, sampai 47 Ronin yang sudah menjadi cerita legenda. Tidak hanya itu, di buku ini juga banyak sekali ilustrasi-ilustrasi yang menarik sehingga semakin menambah gaya tulisan narasi sastra yang penulis hadirkan dalam penyajian buku ini.

Penulis berhasil menghadirkan sebuah karya yang menarik dan mudah untuk dibaca. Sejarah yang disajikan juga tertata baik secara kronologis. Penulis juga memasukkan banyak ilustrasi dan kisah-kisah pengalaman para Samurai dalam menjalani kehidupannya, sehingga semakin memperkaya pengetahuan dan juga bisa menghibur disaat bersamaan. Akan tetapi, rentang waktu yang terlampau panjang mungkin akan agak menyulitkan pembaca dalam memahami sejarah Samurai itu sendiri.



Kesimpulannya, bagi kalian yang senang akan budaya dan sejarah Jepang, buku ini perlu dimiliki sebagai referensi yang cukup menarik dan menghibur mengenai sejarah Samurai di Jepang. Bagi orang awam pun rasanya tidak masalah, karena Samurai sudah sangat terkenal di kalangan orang biasa melalui pencitraan manga dan anime yang sudah banyak dibuat.



















Rahadian Rundjan,
Mahasiswa Ilmu Sejarah FIB UI 2009
@RahadianRundjan


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates